Indahnya "Danau Salju" di Bangka Belitung

LAZONE.ID - Danau ini bekas tempat pertambangan.

Di Bangka Belitung, ada sebuah danau yang memiliki warna daratan putih bersih seperti salju dan airnya bewarna biru. Danau itu sendiri bernama Danau Kaolin. Jangan pikir Danau ini berasal dari kawah gunung seperti Danau Kawah Putih Ciwidey atau Kawah Putih Tinggi Raja ya karena itu salah besar bro.

Danau Kaolin ini biasa disebut dengan Camoi Aek Biru. Artinya, Camoy atau kolong merupakan istilah dalam pertambangan yaitu lobang yang merupakan pusat atau titik galian tambang dimana pada titik tersebut mineral tambang sudah siap untuk di angkat ke bagian pencucian. Sedangkan Aek biru adalah bahasa lokal masyarakat bangka yang artinya air biru.

Danau indah ini terletak di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ya jaraknya sekitar 50 kilometerlah dari Pangkalpinang. Kalo jalan dari Pangkalpinang ke sini paling sekitar 1 jam.

Jadi, Danau Kaolin ini bekas tempat pertambangan Kaolin yang udah ditinggalkan dan lama kelamaan alam menyempurnakan dengan keindahannya. Kaolin senidiri adalah suatu mineral sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, pasta gigi dan Kaolin digemari karena sifatnya yang halus, putih, kuat, halus serta daya hantar listrik dan daya hantar panas yang rendah.

Kalo lo dateng ke sini, lo bisa melihat langsung pemandangan Danau Kaolin yang sangat indah dan mempesona mata. Apalagi tambah dipercantik dengan timbunan-timbunan galian seperti bukit disekitar area danau yang sekilas seperti Gunung Bromo mini tetapi berwarna putih.

Enggak cuma itu, kalo lo perhatiin daratan bawah Danau Kaolin seperti lekukan seekor binatang yang kaya lagi melintas gitu. Ditambah kalo air lagi surut daratan itu akan keliatan kaya gula putih.

Nah, di tengah Danau Kaolin ada sebuah daratan yang seolah menghubungkan antar ujung danau. Lo enggak usah khawatir, danau ini enggak ada bau belerang sama sekali kok, karena danau ini enggak terbentuk dari sebuah kawah. Jadi gue yakin deh lo bakal betah lama-lama di sini.

Air danaunya aman apa enggak sih? tenang bro, airnya aman kok karena air di sini enggak panas. Buktinya, masih banyak warga dan anak-anak yang menggunakan air danau atau mandi di sini. Jadi, lo juga bisa nih mandi di danau ini. Bahkan sebagian warga percaya kalo air di Danau Kaolin ini bisa buat kulit jadi halus dan lembut.

Akses menuju Danau Kaolin ini cukup mudah, lo bisa melalui jalur Toboali ibu kota Bangka Selatan sekitar 45 menit perjalanan atau bila dari Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, lo hanya memakan waktu sekitar 1 – 2 jam perjalanan untuk mencapai ke danau seperti salju ini.