Ini 7 Puncak Tertinggi di 7 Benua

LAZONE.ID - Inilah Seven Summits, mimpi setiap para pendaki. Berdiri di atas puncak-puncak tertinggi dan menyentuh atap dunia.

Seven Summits dicetuskan oleh Dick Bass, seorang pendaki asal AS. Dia sebelumnya sudah mendata beberapa puncak tertinggi di dunia yang berada di 7 benua. Berikut daftar puncak versi Dick Bass: Puncak Vinson Masif di Antartika (Antartika) 4.897 mdpl, Puncak Elbrus di Rusia (Eropa) 5.642 mdpl, Puncak Kilimanjaro di Tanzania (Afrika) 5.895 mdpl, Puncak Aconcagua di Argentina (Amerika Latin) 6.962 mdpl, Puncak Denali di Alaska (Amerika Utara) 6.194 mdpl, Puncak Everest di perbatasan Nepal dan Tibet (Asia) 8.848 mdpl dan Puncak Kosciuszko (Australia) 2.228 mdpl.

Khusus puncaak yang terakhir, Puncak Kosciuszko, ada beberapa pendaki yang tidak setuju, dikarenakan ketinggian nya yang dibawah rata-rata. Seorang pendaki asal Italia, Reinhold Messner, mengajukan pendapat baru. Yaitu mengganti Puncak Kosciuszko dengan Puncak Carstensz (4.884 mdpl) di Papua, Indonesia. Ia beralasan bahwa lokasi Puncak Carstenzs masih termasuk dalam wilayah Oceania, yang meliputi Indonesia dan Australia.