Ini Baru Beda, Suku Asli Papua Rumahnya di Atas Pohon

LAZONE.ID - Suku Korowai di Papua berbeda dengan suku-suku lainnya di Indonesia. Mereka hidup di atas pohon setinggi 50 meter di dalam hutan belantara.

Suku Korowai mendiami wilayah Kaibar, Kabupaten Mappi, Papua. Suku Korowai baru ditemukan oleh misionaris Belanda pada tahun 1974. Sebelum tahun itu, Suku Korowai ternyata nggak pernah tahu dunia luar, alias taunya hanya mereka aja yang tinggal di dunia ini.

Tidak seperti suku lain yang membangun rumah Honai sebagai tempat hunian, mereka justru tinggal di rumah pohon. Suku Korowai tinggal di rumah pohon setinggi mulai 15 hingga 50 meter. Mereka membangun rumah di atas pohon untuk menghindari binatang buas dan gangguan roh jahat. Suku korowai percaya bahwa, semakin tinggi rumah mereka, semakin jauh dari gangguan roh-roh jahat.
 


Para pria Suku Korowai akan mengangkut kayu, rotan dan akar sebagai bahan pembuatan rumahnya ke atas pohon. Para wanita juga akan memanjat ke atas pohon. Berarti para prianya kuat-kuat bro!

Rumah pohon suku Korowai sangat alamiah. Semua bahan terbuat dari alam, kerangka terbuat dari batang kayu kecil-kecil dan lantainya dilapisi kulit kayu. Dinding dan atapnya menggunakan kulit kayu atau anyaman daun sagu. Untuk mengikat, semua menggunakan tali. 

Pasti keren lah pemandangan dari atas rumah pohon mereka. Suku Korowai kini populasinya sekitar 3000 orang. Suku yang unik yang harus loe temui saat ke Papua.