Ini Deretan Kota Terdingin di Indonesia

LAZONE.ID - Kota dingin di Indonesia enggak cuma Bogor dan Malang doang

Lo tau dong kalo negara kita ini beriklim tropis? jadi jangan heran deh kalo Indonesia punya suhu yang relatif stabil, penyinaran matahari sepanjang tahun dan mempunyai dua musim yakni musim hujan dan kemarau.

Nah, kalau bicara soal kota terdingin di Indonesia pasti banyak orang akan menyebutnya di Malang, Bandung atau Bogor. Sebenarnya itu salah bro, kota terdingin di Indonesia sebenarnya berada di luar Jawa tepatnya di Provinsi Papua yaitu kota Mulia Ibu Kota Kabupaten Puncak Jaya.

Tapi, selain itu ada banyak juga kok kota di Indonesia yang memiliki suhu yang dingin. Cek aja di bawah ini.

 

Mulia, Puncak Jaya, Papua

Mulia adalah kota pegunungan kecil yang terletak pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Walau kecil, Mulia cukup ramai dengan kedatangan banyak pengunjung. Jalan-jalannya juga sudah beraspal dan infrastruktur pendukung juga sudah cukup memadai walaupun jumlahnya masih sedikit.

Nah, suhu udara normal di sini bisa mencapai 15-20 derajat celcius di siang hari dan malam hari bisa mencapai di bawah 10 derajat celcius. Soalnya Kota Mulia terletak di ketinggian kurang lebih 2.000 meter diatas laut dan enggak bersentuhan dengan pantai.

 

Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur

 

Berlokasi di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut, Ruteng mempunyai udara dingin. Suhu normalnya 25 derajat celcius dan suhu terendah bisa mencapai 13 derajat celcius. Selain suhu yang sangat dingin, Ruteng adalah kota hujan dengan intensitas yang cukup tinggi yakni 3,340 mm/tahun. Nah kerennya, Ruteng itu dipandang istimewa karena punya pemandangan kaya di Praha dengan bangunan yang bergaya Eropa.

Enggak cuma itu, Ruteng mempunyai lokasi persawahan yang luas dan hijau serta pemandangan gunung yang indah. Ruteng juga mempunyai gua yang dulu pernah ditemuin sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresenesis, yakni Gua Liang Bua.

 

Gayo Lues, Aceh

Sebagai kabupaten terisolasi di Aceh, Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut. Suhu terendah bisa mencapai 19 derajat celcius. Gayo mempunyai daya tarik yang fantastis seperti rute pendakian ke Gunung Leuser dan pemandian air panas di Puri Betung.

Di luar itu kabupaten ini adalah penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh. Pastinya Gayo Lues paling terkenal sebagai penghasil Kopi Gayo yang sudah mendunia.

 

Berastagi, Karo, Sumatra Utara

Terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, Berastagi punya udara yang lumayan dingin soalnya diapit sama Gunung Sibayah dan Gunung Sinabung. Jika siang hari suhu di Berastagi mencapai 25 derajat celcius, sedangkan untuk malam hari bisa mencapai 21 derajat celcius. Pemandangan di sini keren banget loh, seperti adanya Air Terjun Sikulikap.

 

Enggak cuma itu, 1,5 jam dari Berastagi, lo bisa datang melihat Danau Toba yang enggak kalah indahnya. Enggak cuma wisata alam aja, Berastagi juga punya wisata sejarah kaya Desa Lingga dan Tongkoh.

 

Padang Panjang, Padang, Sumatera Barat

Terletak 650 sampai 950 meter di atas permukaan laut, Padang Panjang punya udara yang lumayan dingin soalnya dikelilingin sama tiga gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat.

Jadi jangan heran ya kalo cuaca di Padang Panjang itu sejuk banget. Curah hujan di sini juga lumayan tinggi dengan rata-rata 3.295 milimeter tiap tahunnya dan suhu udara terendah bisa mencapai 21.8 derajat celcius.