LAzone
mulia cover
Inspiring Place

Ini Desa Paling Dingin di Indonesia, Suhunya Bisa Mencapai Titik Beku!

  • 08 March 2019
  • 139 views

Ini di Indonesia atau Eropa ya?

LAZONE.ID -

Indonesia emang tergolong negara tropis yang udara kebanyakan daerah di Indonesia adalah cenderung panas dan lembab. Namun, karena keadaan topografi Indonesia yang juga beragam bikin beberapa wilayah di Indonesia punya cuaca yang berbeda. Salah satunya Distrik Mulia, Kabupaten Jayawijaya sebagai tempat paling dingin di Indonesia.

Suhu bisa Mencapai Titik Beku

Distrik Mulia berada di ketinggian 2448 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan daratan seluas 833 km persegi. Distrik Mulia memiliki jumlah penduduk mencapai 24.694 jiwa. Pada malam hari suhu di desa ini berada pada 9 derajat celcius, bahkan akibat letaknya yang gak terlalu jauh dari gunung Jaya Wijaya, suhu di sini bisa mencapai titik beku. Untuk curah hujan sendiri di sini bisa terjadi sepanjang tahun.

Dicapai Menggunakan Pesawat Kecil

Kalo lo ingin berkunjung ke desa paling dingin ini, lo bisa menaiki pesawat kecil dari kota Jayapura. Karena letaknya di pegunungan, maka pesawat akan melewati sela-sela pegunungan untuk sampai ke Distrik Mulia. Selain itu lo juga bisa mencapai Mulia menggunakan jalur darat dengan menumpangi mobil karavan dengan muatan 9 orang dengan menempuh perjalanan selama 16 jam.

Lo akan sedikit menemui tantangan kalo memilih jalur darat. Karena harus melewati medan berupa jalan bebatuan yang terjal. Kemudian melewati perbukitan dengan jurang yang curam pada sisi ki dan kanan.

Gimana, Bro? Tertarik mengunjungi desa terdingin di Indonesia ini?

tags : Holiday papua