Ini Dia Gua di Sumba yang Seindah Koh Phi Phi Thailand

LAZONE.ID - Awalnya tempat ini untuk pembangkit listrik

Sumba sering banget dikenal sebagai daerah yang tandus dan kering karena wilayah ini memang mengalami musim kemarau tiga kali lipat lebih lama dari musim penghujan. Tapi, walaupun begitu, objek wisata Sumba tetap ada spot yang sejuk dan enggak pernah kering bro, namanya Waikelo Sawah.

 

waikelo

 

Sebenarnya, Waikelo Sawah bukan tempat wisata. Waikelo Sawah merupakan bendungan yang dibangun pada tahun 1976 yang digunakan untuk irigasi warga dan juga pembangkit listrik desa. Bendungan ini sendiri berlokasi di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nah, sekarang Waikelo Sawah jadi tempat wisata karena keidahan yang tercipta dari waktu ke waktu.

 

Karena sebenarnya fungsi Waikelo Sawah untuk pembangkit listrik, jadi arusnya cukup deras. Kalo dari gua mungkin perairan ini keliatan tenang, tapi sayang nih ada larangan berenang di sini. Ya walaupun begitu masih ada aja sih pengujung yang melanggarnya, hehe...

 

Enggak cuma irigasi dengan gua yang keren, panorama di sekitar Waikelo Sawah juga masih asri dan hijau. Waktu terbaik kalo lo mau berkunjung ke sini ialah pada sekitar bulan Februari, Maret, dan November. Kenapa? soalnya di bulan-bulan itu warga lokal mengadakan berbagai upacara adat yang jadi tradisi rutin masyarakat Sumba yaitu Pasola (permainan perang dua kelompok ‘pasukan’ berkuda yang saling melempar lembing (tombak kayu) di sebuah padang savana. Ada juga Wula Podu, tarian sakral adat setempat.