Ini Dia Jembatan Akar Buatan Manusia di Sumatera Barat

LAZONE.ID - Jembatan ini berumur 100 tahun!

Bro, di Sumatera Barat ada sebuah jembatan yang terbuat dari akar dan memiliki panjang 25 meter. Jembatan itu sendiri usianya sudah 100 tahun. Jelas, jembatan ini masuk dalam daftar jembatan unik di Indonesia.

Gimana enggak unik, jembatan ini terbentuk dari akar dua pohon yang bentuknya menyatu dan menjadi jembatan untuk menyebrangi sungai. Jembatan Akar berada di Desa Pulut-pulut, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Pesisir Selatan.

Nah, kalo lo mau lihat dan naik ke atas Jembatan Akar, lo harus bayar Rp 15 ribu. Jembatan Akar ini sendiri menghubungkan Desa Pulut-pulut dan Desa Lubuk Silau, serta terbentang sepanjang 25 meter dan lebar 1 meter di atas Sungai Bayang.

Ini Dia Jembatan Akar Buatan Manusia di Sumatera Barat

Akar dari jembatan itu berasal dari dua pohon yang berbeda, yakni pohon beringin dan pohon asam kumbang. Konon, pembuat Jembatan Akar ini adalah seorang ulama yang bernama Pakiah Sokan. Mulai dari tahun 1890, hingga akhirnya tahun 1916, Pakiah Sokan membangun jembatan agar murid di Desa Pulut-pulut bisa menyeberangi sungai.

Pakiah Sokan memakai akar 2 pohon ini biar jembatannya kuat. Sungai di bawah jembatan ini juga cukup indah, airnya bersih. Tapi kalo masuk musim hujan harus berhati-hati ya, karena aliran sungainya cukup deras.