Ini Dia Kota Paling Fresh

LAZONE.ID - Rencananya pada 2020, pemerintah kota Oslo bakal memberlakukan larangan mobil pribadi di seluruh jalanannya.

Rencananya pada 2020, pemerintah kota Oslo bakal memberlakukan larangan mobil pribadi di seluruh jalanannya.

Siapa sih yang enggak pengen melancong atau hidup di tengah kota modern tapi berudara segar, bebas dari hembusan karbon monoksida sisa emisi kendaraan? Empat tahun lagi, loe mesti ke ibukota Norwegia, Oslo. Mulai 2020, pemerintah kota Oslo bakal memberlakukan larangan bebas kendaraan pribadi.

Oslo akan menjadi ibu kota pertama di Eropa, yang melahirkan undang-undang pelarangan penggunaan mobil secara permanen di pusat kota. Sesudah penerapan ini, akan dilanjutkan di beberapa kota besar di negara itu, serta kemungkinan akan diikuti oleh beberapa negara tetangganya.

"Dengan cara begini, kesempatan bagi pejalan kaki serta pengguna sepeda akan lebih luas lagi," jelas Lan Marie Nguyen Berg dari Green Party.
Penerapan undang-undang pelarangan mobil akan dimulai tahun 2019. Diikuti dengan pengadaan infrastruktur pendukung seperti pembangunan jalur sepeda sampai sekitar 60 kilometer dari pusat kota. Harapannya, dalam setahun berikutnya sudah terjadi penurunan kadar emisi karbon monoksida maupun karbon dioksida.

Kalau program ini sukses, penurunan kadar CO2 sendiri akan mencapai batas signifikan dan pada tahun 2030 bahkan mungkin bisa menyusut sampai sekitar 90 persen. Luar biasa!
Saat ini Oslo memiliki sekitar 600 ribu warga, dengan jumlah mobil mencapai setengahnya, bahkan lebih. Bila undang-undang itu nantinya diterapkan, mereka dapat menggunakan sepeda untuk mencapai pusat kota, atau menggunakan fasilitas kendaraan umum seperti bus dan tram.
Pengecualian pemakaian kendaraan bermotor pribadi hanya dibolehkan kalau mengangkut warga manula atau kebutuhan khusus, serta truk pengangkut kebutuhan pengadaan barang-barang di pusat kota.

London sampai saat ini tengah menggodok undang-undang pengetatan kadar emisi, yang disepakati seluruh Uni Eropa. Lalu ada wacana untuk lebih memilih mesin diesel dibandingkan yang memakai bahan bakar bensin. Selain itu, penggunaan sepeda yang disediakan pemerintah setempat, dikenal sebagai Boris Bike, juga terus digalakkan.

Sementara Paris, mirip dengan Jakarta. Baru menggelar Une Journee Sans Voiture alias car free day dalam sehari. Yang dibolehkan hanyalah mobil ambulans. Dan mirip dengan Jakarta juga, jatuh-jatuhnya wisatawan membanjiri penjuru kota dengan cara berjalan kaki.
Yuk, latihan dari sekarang. Jangan kalah sama orang Oslo, jangan malas jalan kaki atau sepedaan deh...