Ini Dia Mitos Unik Danau Tiga Warna Kelimutu

LAZONE.ID - Gue yakin lo semua akan kaget

Lo pasti udah pada tau dong sama danau tiga warna di Gunung Kelimutu, Flores, NTT? yap, danau keren ini bisa berubah warna mulai dari biru, hijau, merah, putih, sampai hitam. Nah, tapi lo pada tau enggak soal kisah dan mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat tentang danau ini?

Danau Tiga Warna

Mitos dan kepercayaan masyarakat setempat sangat berperan di dalamnya. Penasaran kan? langsung aja lo liat kisah dan mitos unik Danau Kelimuti di bawah ini bro.

 

Danau ini dihuni roh

Tiga danau tersebut mempunyai nama masing-masing, yakni Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo. Nah, masyarakat setempat percaya kalo danau yang pertama itu dihuni olehg roh atau jiwa orangtua yang udah meninggal. Danau kedua merupakan 'rumah' bagi jiwa muda-mudi soalnya danau itu yang sering berubah warna. Danau yang ketiga, katanya dihuni oleh arwah orang jahat.

 

Warna berubah secara misterius

Ketiga danau itu bisa berubah warna secara misterius. Kalo dari segi sains sih, ada satu jenis mineral dalam danau yang berubah sesuai kondisi geologis. Tapi, enggak ada yang tau nih kapan pastinya danau-danau itu berubah warna.

 

Ditemukan oleh orang Belanda

Danau Kelimutu ditemukan oleh orang Belanda bernama Van Such Telen, pada tahun 1915. Waktu itu ia memberitahu warga setempat, menemukan danau berwarna merah-putih-biru. Tapi warga setempat enggak ada yang percaya, karena itu merupakan warna bendera Belanda.

 

Roh pun diberi makan

Satu kali dalam setahun, masyarakat setempat memberi makan para roh di ketiga danau tersebut melalui upacara Pati Ka Du'a Batu Ata Mata.

Upacara itu merupakan pemberian sesaji kepada roh-roh penghuni Danau Kelimutu. Sesaji tersebut berisi sirih, pinang, rokok, nasi dan daging, diakhiri oleh arak atau tuak.

 

Airnya bening

Terlepas dari aneka warna yang ada di danau ini, pernah ada ilmuwan yang penasaran dan benar-benar melakuan penelitian warna asli danau tersebut. Dia pun mengambil air dari danau itu. Dan lo tau, pas diteliti hasilnya warna air tersebut ternyata bening. Wow, kok bisa ya?