Ini Dia Tempat Paling Dingin di Dunia yang Berpenduduk

LAZONE.ID - Dinginnya bisa mencapai minus 71 derajat celcius

Pernah enggak sih lo ngebayangin tinggal di sebuah tempat yang suhunya paling dingin di dunia? sampai-sampai keringet lo enggak bisa netes di tempat ini. Yoi, tempat ini bernama Desa Oymyakon yang terletak di Republik Sakha, Rusia.

Desa Oymyakon disebut sebagai desa terdingin di dunia yang ditinggali manusia. Pada musim dingin yang normal, suhu udara nya bisa mencapai minus 45 derajat celcius. Nah, kalo lagi musim dingin yang buruk, suhu di desa itu bisa mencapai minus 71 derajat celcius. Waduh, bisa jadi es batu itu sih.

Buat orang yang enggak biasa hidup di bawah suhu minus 71 derajat celcius pasti bakal sulit banget buat ngelakuin kegiatan sehari-hari saat tinggal di desa itu.

Jangan heran ya kalo tinta pulpen bisa jadi beku, baterai cepat habis, serta mobil enggak bisa menyala kalo enggak ada bantuan api unggun di bawah mesinnya. Semua itu udah jadi peristiwa yang sering terjadi di desa ini.

Ini Dia Tempat Paling Dingin di Dunia yang Berpenduduk

Jadi, mereka sering banget membiarkan mesin mobilnya nyala sepanjang hari soalnya takut nantinya susah lagi dihidupin. Tapi pertanyaan gue, itu bensinnya enggak habis-habis apa ya?

Pada tahun 1920-an sampai tahun 1930-an desa ini hanyalah sebuah tempat perhentian kecil para penggembala rusa nomaden untuk memberi minum ternaknya di sebuah sumber air panas.

Di Desa Oymyakon enggak ada tumbuhan yang tumbuh, jadi penduduk yang tinggal di sini terpaksa hidup hanya dengan mengandalkan daging rusa dan kuda buat dimakan sehari-hari. Nah buat ngangetin badan, sehari-hari mereka membakar batu bara dan kayu. Dan untuk balutan badannya, penduduk di tempat ini memakai pakaian berbulu sebagai pakaian wajib.

Tapi bro, walaupun suhu di desa ini ekstrem banget, tapi enggak sedikit wisatawan yang sengaja datang pada saat musim dingin buat menikmati cuaca di Desa Oymyakon

Ada hal yang unik dari tempat ini yang belum diketahui banyak orang, yaitu terdapatnya sumber air panas yang letaknya enggak jauh dari desa ini. Dan oleh karenanya desa ini dinamakan Desa Oymyakon yang berarti “air yang tidak pernah membeku”.