Ini Pantai di Amerika yang Pasirnya Kaca

LAZONE.ID - Pasir kacanya berwarna-warni dari hasil proses pembentukan sampah dan merupakan fenomena alam yang ajaib

Bukan pasir putih hitam, tapi pantai di Amerika ini adalah bebatuan kaca berwarna-warni. Nama pantainya, yakni Glass Beach.

Lokasi Glass Beach, ada di Taman Nasional MacKerricher, dekat Kota Fort Bragg, California. Bebatuan kaca di sana nggak muncul begitu saja, melainkan ada proses panjang ratusan tahun.



Awalnya begini, pantai itu di awal abad ke-20 merupakan tempat pembuangan sampah dari sampah kaca, peralatan dapur, bahkan hingga mobil bekas. Terus di tahun 1960, pemerintah setempat menutup pantainya karena sudah sangat penuh. Penuh sampah!

Fenomena alam kemudian terjadi. Kikisan ombak dan proses pasang surut laut membuat sampah non-organik berubah menjadi kaca. Semakin terkikis, bentuk kaca pun semakin indah. Hingga akhirnya, jadilah pasir pantainya dipenuhi bebatuan kaca dan cantiknya, berwarna-warni.

 


Ada yang berwarna putih, hitam, biru, hijau dan merah. Anehnya lagi, bebatuannya tidak tajam dan runcing, melainkan seperti bebatuan pada umumnya. Tentu saja, itu tidak akan menyakiti orang-orang yang datang untuk menggengam bebatuannya.

Glass Beach menjadi kawasan konservasi dan dilindungi pemerintah Negeri Paman Sam. Wisatawan yang datang, bebas bermain-main di sana asal pasir yang berupa bebatuan kacanya dilarang di bawah pulang. Layaknya ulat bertransformasi menjadi kupu-kupu, Glass Beach yang dulunya tempat pembuangan sampah, kini menjadi tempat yang cantik.