Ini Rekomendasi 5 Tempat Wisata Wajib di Makassar

LAZONE.ID - Bingung mau liburan ke mana? Ke Makassar aja di Sulawesi Selatan bro. Ada pantai cakep, tempat sejarah dan masih banyak lagi.

Kebanyakan orang mikir, Makassar cuma jadi tempat transit aja bagi yang naik pesawat ke Indonesia bagian timur. Eits lebih dari itu bro, Makassar punya banyak tempat wisata yang asyik buat disambangi. Nggak rugi deh liburan ke Makassar dan sekitarnya!

 

1. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira ini cakep banget. Pasir pantainya putih, konturnya landai terus airnya jernih. Asyik banget buat bersantai di sini, melarikan diri dari rutinitas kerjaan. Suasannya tenang dan angin bertiup sepoi-sepoi. Snorkeling boleh berenang juga asyik.

Tapi ke Tanjung Bira, cukup jauh bro dari Makassar sekitar 200 km. Tanjung Bira Terletak di Kabupaten Bulukumba, dan bisa ditempuh naik mobil dari Makassar. Walau capek dan lelah namun begitu sampai di Pantai Tanjung Bira semuanya akan terbayar impas.

Foto: ksmtour.com

 

2. Pantai Losari

Di Kota Makassar juga ada pantai, namanya Pantai Losari. Jika biasanya pantai dikenal dengan pasirnya, Pantai Losari tidak memiliki pasir melainkan beton di tepiannya. Tidak ada pasir bukan berarti pantai ini tak layak dikunjungi, ada banyak hal lain yang menarik dari tempat wisata ini.

Loe bisa memancing, naik sepeda air atau banana boat, berlayar dengan perahu dan masih banyak lagi. Selain itu ada banyak jajanan khas Makassar di sekitar pantainya seperti pisang epe, coto, sop konro sampai dengan es pallu butung. Nyam, nyam!

Foto: blogeratis.wordpress.com

 

3. Benteng Rotterdam

Loe suka main drone? Coba deh ke Benteng Rotterdam yang nggak jauh dari Pantai Losari. Dilihat dari ketinggian, bentuk benteng ini menyerupai seekor penyu yang sedang merangkak ke arah laut. Keren bro!

Benteng ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh raja ke-9. Pada awalnya, benteng dibangun dengan menggunakan tanah liat dan putih telur, sampai kemudian bangunan disempurnakan oleh raja ke-14. Hunting foto di dalam bentengnya juga asyik!

Foto: jasarentalmobilmakassar.com

 

4. Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung berada di Kabupaten Maros atau sekitar 45 km dari pusat kota Makassar. Tempat wisata ini luasnya mencapai 43.750 hektar dengan wilayahnya yang melingkupi bukit kapur, air terjun dan juga gua.

Di sini loe bisa main basah-basahan di air terjun yang berundak-undak. Terus melihat ribuan macam jenis kupu-kupu. Sebab, taman nasional ini sebenarnya adalah hutan dari berbagai jenis kupu-kupu. Di gerbang masuk Taman Nasional Bantimurung, terdapat sebuah patung kupu-kupu raksasa yang siap menyambut pengunjung yang datang.

Foto: wisatamakassar-mdtravel.blogspot.com

 

5. Malino

Mau menghirup udara segar dan jalan-jalan di kebun teh, datang aja ke Malino. Malino adalah tempat wisata yang berada di dataran tinggi dan menawarkan panorama khas pegunungan. Kawasan ini berada sekitar 90 km dari pusat kota Makassar.

Malino berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di sini berkisar antara 10 – 26 derajat Celcius, jangan sampai lupa membawa jaket dan pakaian hangat. Di sini, ada banyak air terjun yang indah seperti Air Terjun Seribu Tangga dan Air Terjun Takapala. Selain itu, ada juga kebun teh, lembah biru dan bunker peninggalan Jepang.

Foto: wisatasulawesi.com