Intip-intip Pasar Emas Dubai

LAZONE.ID - Mewah itulah gambaran tentang Dubai pada umumnya. Jangan heran sampai-sampai di sana ada pasar emas yang berkilauan dan terbesar di dunia!

Sesuai dengan julukan Dubai sebagai “kota emas”, Gold Souk adalah tempat yang wajib dikunjungi saat mencari logam mulia, pasangan yang mencari perhiasan, atau pengunjung yang mencari oleh-oleh khas Dubai. Tempat ini berlokasi di 54 Al Khor St - Dubai - Uni Emirat Arab.

Pasar ini terdiri dari 300 toko yang menjual kebanyakan perhiasan. Toko di souk ini meliputi Damas, ARY Jewellery dan Joy Allukas Jewellery juga toko kecil yang beroperasi di souk emas ini. Dubai Gold Souk terletak di wilayah pemukiman Al Dhagaya. Menurut satu perhitungan, sekitar 10 ton emas dipamerkan di pasar ini.



Perdagangan di souk emas ini tumbuh selama 1940-an setelah kebijakan perdagangan bebas Dubai yang menarik pengusaha dari India dan Iran untuk mendirikan toko di souk. Meski terdapat masalah dalam pasaran emas dunia, nilai tukar dagang Dubai terhadap emas dan berlian pada total perdagangan langsung non-minyak terus meningkat.

Jalan setapak yang luas dipenuhi oleh pedagang dan pengrajin yang menjual hasil karya perhiasan mereka, dari perhiasan yang didesain khusus hingga perhiasan dengan desain khas Arab yang harganya masih bisa loe tawar.