Jalan-jalan ke Papua, Ayo Berenang Bareng Hiu Paus

LAZONE.ID - Taman Nasional Teluk Cendrawasih di ini adalah habitatnya hiu paus, yang sepanjang 14 meter!

Siapa bilang Papua cuma terkenal dengan koteka atau adat istiadatnya aja. Jangan lupakan bentang alamnya, yang salah satunya adalah Teluk Cendrawasih. Ini adalah taman nasional dengan perairan terluas di Indonesia, sekaligus tempat tinggalnya Rhincodon typus, alias hiu paus yang merupakan hiu terbesar di Bumi.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada di bagian utara dari papua. Tepatnya di Desa Kwantisore, Manokwari, loe bisa berenang langsung bareng hiu paus itu. Iya berenang langsung bro, di sebelahnya.

Bayangin aja, loe berenang bareng ikan yang panjangnya 14 meter, lebih panjang dari ukuran bis. Tapi tenang, mereka jinak dan nggak makan manusia. Makanan mereka adalah ikan teri kecil (ikan puri) dan plankton.
 


Masyarakat setempat yang dulu berburu hiu paus ini, kini telah sadar dan turut menjaga keberlangsungan hidupnya. Hal itu juga tak lepas dari pihak taman nasional sama WWF Indonesia. Malah, masyarakat setempat suka bermain dengan hiu pusnya, dengan melemparkan ikan puri ke laut. Hiu pausnya langsung nyembul ke permukaan air.

Rp 5.000, adalah tiket masuk ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Kalau mau diving, cuma bayar Rp 25.000 aja. Cara ke sana, dari Jakarta loe naik pesawat dulu ke Biak. Dari Biak, naik pesawat perintis ke Nabire. Dari Bandara Nabire, perjalanan ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih menggunakan perahu motor sekitar 3 jam perjalanan.