Jalan Setapak Mengerikan, Pikir Dua Kali Sebelum Melangkah

LAZONE.ID - Jalanan di pinggir jalan, dalam hutan, atau di atas perbukitan itu sih nggak masalah. Bagaimana ya kalau jalan di pinggir tebing yang tapakannya kayu?

Jalur yang bernama Hua Shan Trail ini ada di China. Menempel di pinggir tebing sebuah gunung dan tanpa pengaman kecuali rantai sebagai pegangan. Gunung ini menjadi salah satu dari 5 gunung paling megah di China.

Jalur yang bernama Hua Shan Trail ini merupakan deretan kayu yang sambung-menyambung. Saat makin curam, deretan kayu ini digantikan dengan tangga besi yang tertanam di gunung. Jalur kayu ini berada di ketinggian yang cukup serius. Terus juga, jalur ini lebarnya tidak lebih dari 30 cm.



Tak ada pagar pengaman bagi wisatawan yang ingin menelusuri jalur ini. Di jalur ini, rantai jadi satu-satunya pegangan yang membuat Anda tidak terjatuh ke dasar gunung. hati-hati melangkah karena kalau nggak bisa celaka.

Rute yang paling berbahaya dinamakan Changong Zhandao. Rute ini tidak datar melainkan vertikal. Tidak juga terbuat dari kayu, tapi terbuat dari besi. Besi-besi tersebut disusun vertikal seperti tangga. Karena hanya muat untuk satu orang, jika orang paling atas terpeleset, maka orang bawahnya pun akan ikut terpeleset. Ngeri bukan!