Jalan Zig-zag San Francisco yang Bikin Pusing 7 Keliling

LAZONE.ID - Banyak jalanan unik di dunia seperti di San Francisco di Amerika Serikat ini. Namanya Russian Hill yang bikin kepala pusing tujuh keliling.

Taman Lombard, taman yang menghubungkan Russian Hill dengan Leavenworth Street. Tamannya menurun menyesuaikan kontur tanah dengan kemiringan 27 derajat. Berbagai macam bunga dengan rumah bergaya Victorian mengapit kiri-kanan taman.

Setidaknya ada 12 blok jika ditelusur dari atas (Russian Hill) hingga di bagian bawah. Jalanannya zig-zag berkelak-kelok. Itu tujuannya bukan buat orang-orang pusing tapi buat mengakali gimana bikin jalanan yang curam di sana.



Ada 8 tikungan dengan kemiringan berkurang 5 derajat. Tapi dibikin aman sehingga siapa saja bisa melintas. Walau ingat harus tepat memainkan rem dan mengendalaikan kendaraan dengan baik.

Sepanjang perjalanan, turis yang memang tidak bisa mempercepat laju kendaraan bisa menikmati taman dengan santai. Rem harus diinjak kuat-kuat supaya tidak terperosok. Di kiri-kanannya terdapat pedestrian yang bakal memanjakan pejalan kaki menikmati Taman Lombard. Bagi anak-anak, berlarian mengikuti lengkung jalan tidak takut ketabrak karena kendaraan berjalan sangat pelan sekitar 5km/jam. Dari atas sampe bawah total waktunya bisa setengah jam.