Jangan Selfie Sembarangan Di Sini, Bro!

LAZONE.ID - Angkor Wat menerapkan aturan etikanya dengan tegas. Dikasih nama "code of conduct for visitors", disebarkan ke kalangan pengelola tempat wisata ini, guide, hotel, turis serta ditempel di lokasi.

Kalau kenal Lara Croft, loe pasti tahu dong Angkor Wat di Kamboja. Nah, salah satu situs bersejarah terkenal di dunia ini sekarang punya beberapa aturan baru. Dari enggak boleh dandan seksi dan pamer aurat, sampai larangan selfie sembarangan!

Keterlaluan? Enggak juga sih. Ini mirip ketika Candi Borobudur menggelar Puja Waisak dan pengunjung datang berduyun-duyun, pakai baju ngasal, sibuk memotret biksu yang tengah berdoa atau bermeditasi. Gokil banget kan kayak begitu di kawasan religius. Nah, aturan wajib pakai sarung pun dibuat di Angkor Wat. Dan beneran, sarung ini keren banget desain dan warnanya.

Angkor Wat menerapkan aturan etikanya dengan tegas. Dikasih nama ‘code of conduct for visitors’, disebarkan ke kalangan pengelola tempat wisata ini, guide, hotel, turis serta ditempel di lokasi.

Isinya antara lain: nggak boleh ngasih permen ke anak-anak yang minta-minta, ngerokok, berbusana serba terbuka dan minim banget, selfie dengan para biksu, minta ijin lebih dulu kalau ingin memotret mereka, mengingat mereka adalah sosok yang dihormati. Dan kalau pun foto bareng nggak boleh berdiri terlalu dekat.

Salah satu pemicu munculnya aturan ketat ini, ya turis sendiri, Bro. Beberapa cowok Prancis ditahan karena foto telenji di Candi Banteay Kdei. Juga ada model dari Cina, yang potret tanpa penutup dada di awal tahun ini. Aturannya tertulis tegas di poster Angkor Wat : ‘Any act of looting, breaking or damaging Angkor, or exposing sex organs and nudity in a public area is a crime punishable by law’.

Apsara National Authority, badan yang bertanggungjawab melakukan perlindungan dan kelestarian Angkor Wat menyampaikan, aturan ini punya tujuan menyelaraskan kebutuhan wisatawan dengan keamanan masyarakat serta menghormati komunitas setempat. Setuju. Sebagai tamu, kita kudu menghormati tuan rumah dan nggak boleh lupa etika di mana pun.