Jauh-jauh ke Spanyol Cuma Buat Perang Tomat

LAZONE.ID - La Tomatina, tradisi lempar tomat yang sudah jadi festival wisata dan dihadiri puluhan ribu turis mancanegara

Ada satu festival unik di Spanyol dan selalu dikunjungi ribuan turis. Festivalnya bernama La Tomatina, yang artinya perang lempar tomat. Jalanan dan badan, bakal jadi warna merah!

Konon menurut cerita setempat, festival ini berawal dari pertikaian antar pemuda dan polisi pada tahun 1945 di suatu kota di Kota Bunol, Provinsi Valencia, Spanyol. Saat itu, para pemuda bukan memakai batu atau sejenisnya, mereka malah melempari polisi dengan tomat.

Entah bagaimana ceritanya, lempar-lemparan tomat malah jadi tradisi setempat. Terus berlangsung sekali dalam setahun, kemudian pemerintah Spanyol menjadikannya suatu agenda festival wisata dan menjadi daya tarik untuk turis.
 


Biasanya festival yag dikenal dengan nama La Tomatina ini berlangsung di akhir bulan Agustus. Saat itulah, jalanan di Kota Bunol akan kosong oleh kendaraan, dan penuh oleh orang. Beberapa truk yang membawa tomat, yang mencapai ratusan ribu, akan dibagikan ke tiap orang.

Sebelum melempar tomat, isinya harus dikeluarkan terlebih dulu. Barulah, perang lempar tomat dimulai. Bebas untuk menyerang siapa saja, dari anak kecil hingga orang tua, dari pria sampai wanita.

Memang sih penuh kecerian dan seru-seruan bareng bersama orang-orang dari berbagai negara. Tapi, apa nggak mubazir ya bro tomatnya....