Kalach, Selusin Manusia Di Ujung Rel Rusia

LAZONE.ID - Bosan sama kehidupan bising metropolitan atau kota besar? Coba deh berkaca sama warga Kalach.

Bosan sama kehidupan bising metropolitan atau kota besar? Coba deh berkaca sama warga Kalach. Kota super mini di Sverdlovsk Oblast, Rusia ini bisa jadi tempat paling pas buat menyepi atau berpetualang. Penghuninya cuma 12 orang di ujung jalur kereta api. Desa ini enggak bakal eksis kalau nggak didukung oleh jalur kereta api yang menghubungkannya dengan kota-kota terdekatnya di sekitar Pegunungan Ural.

Di masa kejayaan Uni Soviet, Kalach merupakan salah satu pusat pengadaan kayu, karena sekitarnya adalah hutan belantara Ural. Warganya dulu mencapai ratusan kepala dan bikin rumah tinggal di situ. Sampai ada sebuah stasiun kereta dan jalur lintasan kecil untuk sarana transportasi manusia dan kayu. Sayangnya, saat Uni Soviet pecah pada tahun 1991, kota kecil ini pun ikut ambruk secara ekonomi.

Tapi sampai hari ini, masih ada warga yang bertahan di kota mereka. Modelnya pun berubah menjadi desa, yang kudu bisa bertahan sendiri. Kereta cuma datang beberapa kali dalam seminggu buat ngedrop kebutuhan harian yang susah didapat di sekitar.

Nggak sebatas rumah kayu atau batu, beberapa orang juga hidup di gerbong kereta yang nggak terpakai. Bunk bed di gerbong bisa dimanfaatkan buat tidur, sementara lokomotif tempat batubara diolah menjadi sumber tenaga kereta kini diubah fungsinya jadi tempat menghangatkan badan. Tertantang buat ke sini?