Kampung Flinstone Abad 21

LAZONE.ID - Gimana jadinya kalau zaman Flinstone ketemu gaya hidup modern? Loe bisa merasakannya langsung di Sacromonte, Granada, Spanyol.

Gimana jadinya kalau zaman Flinstone ketemu gaya hidup modern? Loe bisa merasakannya langsung di Sacromonte, Granada, Spanyol.

Pada dasarnya Sacromonte adalah kawasan yang memiliki banyak gua dan dihuni orang-orang Gypsy. Nenek moyang mereka sudah eksis sejak tahun 1500-an, sejak kejatuhan kaum Moorish yang sempat berjaya di Spanyol. Nah sekarang, para petualang nomaden ikutan tinggal di dekat sini, jumlahnya mencapai 30 - 40 orang.

Ya kalau diibaratkan mirip-mirip film The Beach lah. Bedanya, film yang dibintangi Leonardo di Caprio itu ceritanya sekumpulan orang yang pengen hidup merdeka di pulau terpencil. Para hippies di Sacromonte ini memilih gua-gua di gunung batu kapur.

Rumahnya mirip-mirip sama rumah Hobbits. Ada peranti hiburan seperti televisi, juga alat masak seperti ketel air panas, blender, wajan, sampai coffee maker. Sedang pengadaan air dan toilet dilakukan ramai-ramai bareng tetangga.

"Pendeknya, atmosfer komunitas ini adalah bersatu, berjiwa bebas, dan bisa mengekspresikan seni," jelas blogger dan fotografer Matthew Karsten, yang mencoba mencicipi kampung bergaya jaman batu ini. "Suka berbagi dengan tetangga, peduli lingkungan hidup, senang musik, menolak matre. Gaya hippies modern banget deh."

Cuma, lagi-lagi mirip film The Beach, komunitas ini juga nggak langsung bulat-bulat nerima Matthew. Saat dia blusukan ke gua-gua hunian hippies modern ini sambil nenteng kamera, beberapa anggota kelihatan kurang nyaman. Yang "berani" juga ada, membalas sapaannya, ngobrol akrab sampai nyanyi barengan.