Kapan Loe Liburan ke Karimunjawa Bro?

LAZONE.ID - Pulau-pulau eksotis, terumbu karang, sunset dan pantai pasir putih. Welcome to Karimunjawa!

Libur akhir pekan tapi nggak punya banyak waktu, mending ke Karimunjawa aja. Di sini, loe bisa bersantai di pantai yang sepi sambil melihat panorama bawah laut yang indah. Bikin nggak.. nggakk mau pulang.

Ngomongin pantai dan laut, orang-orang pasti nyebut nama Bali atau Lombok. Di Jawa tengah, loe tahu nggak ada pulau-pulau kecil nan cantik dan nggak kalah dari keindahannya Bali. Namanya Karimunjawa.

Karimunjawa ini lokasinya di lepas pantai Jepara, Jawa Tengah. Cara ke sana, pertama loe bisa naik kapal KMC Kartini dari Semarang tapi waktu tempuhnya 4 jam. Paling enak lewat Jepara, naik mobil dulu 2 jam dari Semarang ke Jepara. Terus nyebrang ke Karimunjawa naik kapal express bahari 2C dan express bahari cantika 89 yang lama tempuhnya kurang lebih 2 jam.



Pas sampai di Karimunjawa, loe disambut sama pasir putih dan lautan jernih. Karimunjawa ini sebenarnya taman nasional, yang punya 27 pulau dan hanya 5 pulau berpenghuni, yaitu Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk, dan Genting.

Di 5 pulau itu, loe bisa nyari tempat penginapan baik homestay atau resort. Homestay lebih murah, koceknya mulai dari Rp 100 ribu per malam. Jadi, loe bisa hemat budget untuk sewa boat keliling Karimunjawa. Serta, bisa juga uangnya untuk sewa peralatan diving dan snorkeling.
 


Ada apa saja sih di Karimunjawa? Pertama ada Pulau Cemara Besar yang memesona. Pulau ini memiliki pasir putih yang sangat lembut di garis pantainya. Pulau kecil seluas 3,5 hektar ini pun memiliki gradasi lautan biru dan ungu di depan pantainya. Di Menjangan Besar, panoramanya sama, tapi bedanya di sini ada penangkaran hiu. Sumpah loe bisa lihat dari dekat, hiu yang berenang-renang di dalam air laut. Ngeri tapi bikin penasaran bro!

Pulau Tengah juga menarik untuk dikunjungi. Di sana terdapat Pulau Gosong Tengah yang unik, karena berupa daratan kecil dengan pasir putih. Saat berdiri di atasnya, loe seolah berada di pantai yang tidak berpulau. Kalau mau sunset cantik, adanya di Teluk Gelam.

Jadi kapan ke Karimunjawa bro?