Kediri Rasa Paris

LAZONE.ID - Monumen Simpang Lima Gumul yang benar-benar mirip landmark Paris, Monumen Arc de Triomphe.

Loe yang pernah ke Paris, pasti tahu Monumen Arc de Triomph. Monumen yang bersejarah dengan berbentuk seperti gerbang dan ada nama pahlawan-pahlawan Prancis yang tertera di dindingnya. Jangan salah, di Kediri juga ada monumen yang mirip kayak gitu.

Inilah Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri. Bentuknya memang mirip Monumen Arc de Triomph, yang mana traveler sering menyebutnya kembaran atau adik Monumen Arc de Triomph di Kediri, Jawa Timur. Sudah tentu, jadi tempat-tempat incaran untuk berfoto-foto nih!

Monumen kebanggan Kediri ini berdiri dengan gagah, tepat di tengah-tengah persimpangan Lima Gumul. Karena dianggap mewakili spirit kejayaan Kediri, monumen ini diletakkan tepat di tengah persimpangan lima jalur, dari arah Pare, Kediri, Plosoklaten, dan Menang.
 
 

Di beberapa sisi monumen bahkan terdapat pahatan relief yang menceritakan sejarah berdirinya kota Kediri, hingga kesenian dan kebudayaan yang ada sekarang. Monumen Simpang Lima Gumul sendiri memiliki tinggi 25 meter, dan luas 804 meter persegi.

Angka itu punya arti, yakni tahun hari jadi Kabupaten Kediri, yaitu 25 Maret 804 Masehi. Monumen ini, tiap ornamennya melambangkan seni budaya khas Kediri. Di dekat sana, ada Pasar Tugu yang tempatnya belanja oleh-oleh. Saat malam, monumennya terlihat makin cantik karena disinari cahaya lampu.

Selamat datang di Monumen Arc de Triomph, eh Monumen Simpang Lima Gumul!