Kegelapan Abadi di Sukabumi

LAZONE.ID - Gua Buniayu di Sukabumi sangat eksotis dan punya zona kegelapan abadi yang tidak ada cahaya sama sekali.

Sukabumi di Jawa Barat juga punya gua eksotis, namanya Gua Buniayu. Lokasinya berada di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi atau sekitar 4 jam naik mobil dari Jakarta. Jumat sampai Minggu, guanya dibuka untuk umum, tapi hari Senin sampai Kamis ditutup demi keberlangsungan ekosistemnya.

Gua Buniayu sebenarnya merupakan sebuah komplek gua. Ada tiga gua di sana yaitu Gua Kerek, Gua Wisata, dan Gua Landak. Di Gua Kerek, loe bisa lihat stalaktit dan stalakmit yang besarnya 10 meter. bayangin aja, stalaktit dan stalakmit hanya tumbuh 0,3 sampai 1 milimeter setiap tahunnya. Jadi berapa tahun, umur stalaktit dan stalakmit tersebut?

Gua Kerek menawarkan petualangan ekstrem. Gua ini berjenis gua vertikal, yang mana loe masuk ke dalam guanya harus turun pakai tali dengan single rope technique atau sistem tali-menali. Loe harus turun ke kedalaman 18 meter!

Tak sampai di situ, perjalanan menjelajahi Gua Kerek dilanjutkan dengan menelusuri gua yang dialiri air sepanjang 2.500 meter. Di Gua Kerek, bisa bertemu dengan udang purba atau stenasellus javanicus, itu adalah udang yang dulunya hidup di lautan dalam. Ada di kedalaman 30 meter di bawah tanah dan panjangnya 1 cm

Di Gua Kerek inilah terdapat ruang zona gelap abadi. Cahaya matahari nggak tembus sampai ke sana dan gelap total 24 jam. Contohnya begini, loe aja sampe nggak bisa lihat jari loe sendiri masuk ke hidung. 24 Jam gelap abadi!

Beberapa tur operator yang menawarkan paket wisata menjelajahi Gua Buniayu ialah Buniayu Adventure dengan kisaran Rp 385 ribu & Training dan Pantajala Outdoor Activites dengan kisaran Rp 325 ribu. Mau coba merasakan kegelapan abadi?