Kemping Paling Indah Ya di Ranu Kumbolo

LAZONE.ID - Yang tau Gunung Semeru pasti tau Ranu Kumbolo kan? Ini danau di ketinggian 2.000-an mdpl yang sangat indah dan biasa buat tempat kemping juga.  

Ranu Kumbolo adalah suatu danau alami yang terbuat karena aktivitas volcanik dari gunung yang tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Gunung Semeru. Luasnya 15 hektar. Ranu Kumbolo adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), yang menjadi tujuan tempat transit para pendaki Gunung Semeru.

Lokasi Ranu Kumbolo menjadi favorit bagi para pecinta trekking ke semeru sebagai tempat istirahat dan campin. Namun tak jarang juga wisatawan memang sengaja hanya berkunjung ke tempat ini dan bermalam untuk menyaksikan dan explorasi keindahan danau ranu kumbolo baik sunrise di pagi hari ataupun nuansa malam bertabur bintang di langit.



Ranukumbolo terletak 10 KM dari desa Ranu Pane Lumajang. Pendakian ke tempat ini butuh waktu sekitar 4 sampai 5 jam trekking. Akses Ranu Pane sendiri bisa di jangkau melaui 3 kota, yaitu dari Malang melalui Tumpang, Gubuk Klakah dan Ngadas. Melalui Probolinggo , yaitu jalur dari Cemara Lawang (Bromo) dari Kabupaten Lumajang bisa di akses melalui Senduro.

Ranu Kumbolo sudah terkenal akan keindahannya sejak dahulu, para pendaki dari belahan penjuru dunia sudah mengakui keindahannya. Sebagai salah satu obyek wisata pendakian dan Camping, pesona Ranu Kumbolo akan memberikan sensasi tersendiri. Indahnya danau air tawar dan padang rumput yang mengelilinginya mencuri hati banget.