Ketika Kematian Menjadi Festival

LAZONE.ID - Dia de Muertos adalah nama festival di Meksiko untuk memperingati kematian. Aneka kostum tengkorak akan menghiasi jalanan.

Setiap tanggal 1 dan 2 November, merupakan tanggal yang paling dinanti masyarakat Meksiko. Saat itulah berlangsung Dia de Muertos yang artinya Festival Kematian! Festival yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun lamanya.

Bagi beberapa orang, kematian mungkin dinilai menyeramkan dan hal yang menyedihkan. Tapi bagi orang Meksiko, kematian adalah sesuatu yang harus dikenang dan merupakan penghormatan kepada seseorang yang meninggal.

Ketika Dia de Muertos berlansgung di malam hari, jangan heran kalau jalanan di Meksiko (baik di perkotaan atau di desa-desa) dipenuhi orang yang memakai aneka kostum tengkorak. Pernak-pernik dari pajangan, kalung sampai mengecat wajah juga berbentuk tengkorak.
 


Mereka kemudian menari dan bernyanyi bersama. Seolah-olah, mengajak para roh untuk datang dan bersuka cita bersama. Waktu berlangsungnya festival dari sore sampai tengah malam. Kemudian, dilanjutkan dengan kunjungan ke pemakaman untuk membersihkan makam, menaruh bunga, lilin dan berdoa.

Bagi wisatawan, tentu saja pertama kali melihatnya akan kaget dan ketakutan. Namun orang-orang Meksiko, mereka percaya, festival ini akan membuat orang-orang yang telah meinggal, menjadi terhibur di alam sana.