Ketika Seniman Membuat Negara Sendiri

LAZONE.ID - Negara 'Christiania' di Denmark yang dibuat seniman dan punya aturan maling dilarang masuk.

Para seniman emang punya pikiran 'out of the box'. Tak terkecuali seniman-seniman yang ada di Denmark, karena asal loe tahu, sejak tahun 2000 mereka memproklamsikan negara sendiri bernama Christiania.

Para seniman yang tinggal di Christiania punya latar seni yang beragam, ada pelukis, pemahat patung dan musisi. Ratusan seniman itu pun berkumpul di area seluas 34 hektar di dalam Copenhagen dan menyatakan memisahkan diri dari Denmark.

Seniman di sana punya peraturan bagi negara Christiania. Peraturannya nyeleneh bro, contohnya nih diwajibkan untuk bersenang-senang, memberi makan kura-kura, memutar musik, mencintai satu sama lain, memiliki bayi, memetik bunga, harus pergi ke toilet dan wajib untuk membakar api unggun. Kendaraan bermotor dilarang masuk, hanya sepeda aja transportasi di sana.
 
 
Negara Christiania punya larangan pula. Beberapa contohnya kayak dilarang berkelahi, dilarang membawa pistol, dilarang menggunakan rompi anti peluru, dilarang meledakan petasan dan dilarang maling!

Hingga kini, tercatat ada 800 orang yang tinggal di sana bro. Sehari-hari hidupnya ya happy. Kumpul-kumpul nyanyi dan melukis bareng (jangan kaget kalo rumah di sana aja temboknya dilukis). Nggak ada kekerasan apalagi demo-demo. Walaupun sebenarnya negara Denmark sendiri juga negara yang damai.

Wisatawan dipersilakan datang ke negara Christiania dengan syarat menaati peraturan yang ada. Tapi ya namanya juga seniman, pemerintah Denmark nggak ngelarang mereka untuk membuat negara. Toh, nggak diakui juga sama negara lain dan tujuannya ya.. cuma buat happy-happy.