Kisah Pilu Dibalik Indahnya Mandalika yang Resmi jadi Tuan Rumah Moto GP 2021

LAZONE.ID - Siap-siap nonton Moto GP di Mandalika, Bro!

Mandalika, Nusa Tenggara Barat resmi menjadi salah satu tempat yang akan menggelar seri balap Motor paling terkenal di dunia Moto GP tepatnya tahun 2021. Hal tersebut sah setelah Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer tanda tangan kontrak di markas Dorna, Madrid Januari lalu.

Dipilihnya Mandalika adalah upaya pemerintah untuk mendorong promosi pariwisata daerah yang memang menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Eksklusif (KEK) di Indonesia.

Mandalika memang digenjot untuk dijadikan salah satu tempat wisata pantai bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Karena memang, Mandalika punya eksotisme wisata pantai yang memanjakan mata.

Nama mandalika sendiri muncul dari sebuah kisah rakyat di tengah-tengah masyarakat Suku Sasak Lombok, tentang putri cantik bernama Mandalika yang galau karena banyak pria yang saling bertikai agar mendapatkan dirinya. Karena gak mau ada konflik di antara para pria itu, akhirnya mandalika menceburkan diri ke tengah laut hingga hilang ditelan ombak. Untuk menghormati sang putri dinamakanlah kawasan itu Mandalika.

Kawasan yang memiliki luas lebih kurang 1000 hektar ini punya beberapa pantai yang indah dan beragam. Kalau lo ingin berwisata sambil berselancar, paling enak mainnya di Pantai Gerupuk. Kalau ingin menikmati keindahan pantai pasir putih bisa mampir ke Pantai Kuta Lombok. Kalau ingin ikut merayakan festival Bau Nyale, di Pantai Seger lah tempatnya. Pantai lain yang tak kalah indah ada Pantai  Serenting dan Pantai Pantai Tanjung Aan.

Selain wisata pantai, lo juga bisa menikmati wisata adat dengan berkunjung ke Desa Adat Adat Sade dan Desa Adat Ende. Di dua desa itu lah tinggal masyarakat suku asli Lombok, Sasak. Disana lo bisa belajar menenun kain khas Sasak, menyaksikan atraksi budaya dan melihat keunikan ukiran dan bangunan adat di sana.

Sebelum ramai dikunjungi oleh para penonton Moto GP nantinya, baiknya lo menyempatkan diri dulu deh untuk menyambangi mandalika, Bro.