Kuburan Toraja, Saat Jenazah Tak Dikubur dalam Tanah

LAZONE.ID - Pemakaman ala orang Toraja di Tana Toraja, Sulawesi Selatan nggak dikubur di dalam tanah. Jenazah orang yang meninggal ditaruh begitu saja di dalam gua!

Tanatoraja adalah salah satu detsinasi di Sulawesi Selatan. Ciri khas dari sana, yakni orang-orangnya suku Toraja memiliki tradisi pemakaman yang unik dan mencuri perhatian dunia. Jenazah orang meninggal ditaruh begitu saja di dalam gua.

Gua-gua raksasa dijadikan lokasi pemakaman tersebut, salah satunya Gua Londa di Desa Makale. Di sana bertumpuk tulang-belulang berusia ratusan tahun hingga kini, karena masyarakat setempat masih mempertahakan tradisinya yang bernama aluk to dolo.

Tak ada bau anyir atau busuk yang mengganggu hidung saat kita masuk ke guanya. Meski, di dinding gua dan di tanah-tanah berserakan ratusan tulang belulang. Jangan kaget, kalau melihat tengkorak-tengkroak manusia yang berjejer.



Semakin ke atas lokasi peti menunjukkan tingkat kekayaan saat masih hidup, jadi ini adalah tingkatan hidup para jenazah. Itu juga berdasarkan faktor keamanan, karena asal tahu saja bro, jenazah yang meninggal apalagi yang orang kaya akan ditaruh juga harta bendanya seperti emas.

Rata-rata bisa 100 orang datang ke Tana Toraja setiap hari. Para pelancong datang untuk melihat-lihat, walau ada juga yang melakukan ritual di dalamnya. Biasanya mereka memberi sesajen berupa makanan dan rokok.

Di pinggiran tebing, dihiasi patung-patung kayu yang merupakan sosok orang yang meninggal. Pemandangan ini unik, sekaligus cukup bikin merinding.

Pelancong diperbolehkan foto-foto di dalam dengan peringatan dilarang mengambil tulang belulang jenazah. Coba deh datang ke sana dan rasakan suasananya yang berbeda.