Lawang Sewu Tempat Asik Beradu Nyali

LAZONE.ID - Nggak melulu soal mistis, Lawang Sewu juga bisa banget jadi destinasi wisata yang keren dan nggak biasa.

Pernah dengar sebuah bangunan yang punya seribu pintu? Yup! Lawang Sewu yang ada di Semarang, Jawa Tengah ini punya pesona tersendiri. Bangunan yang diberi nama Lawang Sewu atau dalam bahasa Indonesia di sebut Seribu Pintu ini adalah salah satu bangunan bersejarah yang dilindungi dan dilestarikan oleh pemerintah setempat. Hal ini dilakukan soalnya Lawang Sewu sarat akan sejarah.

Sebenarnya pintu yang ada di bangunan Lawang Sewu ini nggak sampai seribu, hanya saja karena banyaknya pintu dan jendela tinggi besar yang menyerupai pintu, makanya disebut sebagai Lawang Sewu. Banyak hal yang mengiringi perjalanan hadirnya bangunan ini sejak di bangun pada tahun 1904. Beragam cerita mengalir dari mulut ke mulut tentang suasana mistis yang melingkupi bangunan bersejarah ini. Arsitektur yang mengadaptasi bangunan di Belanda yang megah semakin menambah kesan misterius pada bangunan ini.

Lokasinya yang ada di jantung Kota Semarang, tepatnya di seberang Tugu Pahlawan, Jalan Pemuda. Bangunan berlantai tiga ini adalah destinasi wajib buat kamu yang hobi berwisata sejarah. Setelah mengalami pemugaran pada tahun 2011 silam, kini bangunan Lawang Sewu dibuka lagi untuk umum. Setiap lantainya memiliki cerita tersendiri, kamu bisa menanyakannya langsung pada juru kunci atau pun pengelola yang bertanggung jawab di sini.

Bahkan lokasi ini dulu pernah jadi saksi mata pertempuran lima hari di Semarang antara AMKA (Angkatan Muda Kereta Api) melawan pendudukan Jepang yaitu Kempetai dan Kidobutai. Banyaknya korban yang meninggal di sekitar lokasi katanya sih bikin bangunan ini jadi angker. Kalau kamu bernyali, coba deh kunjungi Lawang Sewu yang sekarang sudah berubah menjadi museum. Dare yourself!