Lembah Cantik yang Bernama Lembah Harau

LAZONE.ID - Loe yang mau liburan melepaskan penat dan stress mari ke sini. Ke suatu lembah cantik yang sejuk nan sunyi di Sumatera Barat Lembah Harau.

Lembah Harau adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh di kabupaten Limapuluh Koto, provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Topografi Cagar Alam Harau adalah berbukit-bukit dan bergelombang.

Berjalan menuju Lembah Harau amat menyenangkan. Dengan udara yang masih segar, loe bisa melihat keindahan alam sekitarnya. Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 m hingga 300 m.



Lembah Harau Payakumbuh ini menjadi destinasi wisata alam yang sangat populer bagi wisatawan domestik. Kebanyakan mereka datang dari area di sekitar Sumatera Barat, mulai dari wisatawan dari Riau, Sumatera Utara ataupun Jambi.

Loe bisa memanjat tebing, berfoto-foto dan bermain di air terjun yang menyegarkan di sana. Air-air terjun yang ada di ini antara lain adalah Air Terjun Sarasa Murai, Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta dan Air Terjun Sarasa Luluih. Dan masing-masing air terjun pun mempunyai ciri khas serta keunikan tersendiri.