Lembah Cantik yang Bernama Mandalawangi

LAZONE.ID - Lembah Mandalawangi di Gunung Pangrango Jawa Barat terkenal akan keindahan bunga edelweis. Lembah ini beneran bro, cantik sekali!

Lembah Mandalawangi terletak sekitar 100 meter dari Puncak Pangrango yang berada di ketinggian 3.019 meter di atas permukaan laut. Lembah seluas sekitar 5 hektar ini merupakan satu dari dua padang bunga edelweis (Anaphalis javanica) di areal Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), selain Alun-alun Suryakencana di dekat Puncak Gunung Gede.

Apa itu edelweis? ini adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi. Bunganya yang berwarna putih dan kuning adalah ciri khasnya. Edelweis cuma bisa dilihat di ketinggian 1.800 hingga 3.000 meter di atas permukaan laut.
 


Hamparan bunga edelweis di Lembah Mandalawangi, terhampar di padang savana. Para pendaki akan menghabiskan waktu berlama-lama di sana, demi melihat bunganya dari dekat. Memotretnya dan memuji kecantikannya.

Tapi inget ya, bunga edelweis nggak boleh dipetik apalagi dibawa pulang! Masa bentangan alam indah karya Tuhan ini mau loe rusak. Wajib saling mengingatkan antara sesama pendaki ya bro!

Mandalawangi sudah sejak lama menjadi buah bibir para pendaki karena eksotismenya. Bahkan, lembah ini juga menjadi lokasi favorit mendiang Soe Hok Gie. Pada puisi berjudul "Sebuah Tanya" Gie mengutarakan kekagumannya terhadap hamparan padang edelweis yang dia sebut Lembah Kasih Mendalawangi.