Lembah Mati yang Menakjubkan, Dramatis Pemandangannya

LAZONE.ID - Ini adalah sautu tanah yang kering kerontang dan hanya tersisa pepohonan yang juga sudah mati tinggal batang tanpa daun. Loe pasti belum pernah tahu.

Deadvlei adalah nama lembah mati di Namibia suatu negara di Afrika. Deadvlei sebetulnya bukan lembah. Istilah Dead Vlei atau dalam bahasa Inggris disebut dead marsh, merupakan sebuah danau atau rawa yang berada di lembah di antara bukit-bukit pasir.

Daerah tandus ini ditumbuhi oleh ratusan pohon akasia yang telah mati. Hal ini dikarenakan 900 tahun yang lalu, sungai Tsauchab yang mengaliri daerah itu dialihkan jalurnya dari Deadvlei. Selain itu, tempat ini juga dikelilingi oleh bukit pasir tertinggi di dunia dengan puncak mencapai 300-400 meter.
 


Daerah bertanah liat akan terbentuk setelah hujan turun - ketika sungai Tsauchab membanjiri daerah tersebut dan menciptakan sebuah kolam dangkal yang membuat beberapa jenis pohon duri bisa tumbuh. Namun ketika iklim berubah, kekeringan melanda daerah ini, dan bukit pasir akan kembali tampak gersang dan tandus.

Meskipun tidak membatu, kayu pohon tidak membusuk karena sangat kering. Jadilah pemandangan di Deadvlei begitu dramatis. Para fotografer menyebutnya studio alam yang menakjubkan. Mau foto-foto di sana bro?