Leonardo Dicaprio Aja ke Taman Nasional Gunung Leuser, Loe Kapan?

LAZONE.ID - Inilah taman nasional di Aceh dan Sumatera Utara yang baru aja didatangi Leonardo Dicaprio. Taman nasional yang penuh hutan lebat dan ragam flora serta fauna.

Akhir bulan Maret 2016 kemarin, Leonardo Dicaprio datang ke Taman Nasional Gunung Leuser. Misi dari aktor yang akhirnya menyabet piala Oscar itu menghebohkan dunia. Misi dia cuma satu, ingin memberi pesan bahwa taman nasionalnya harus dilindungi dari penebangan liar. Lalu, menjaga kelestarian gajah Sumatera dan aneka hewan lainnya yang hampir punah.

Taman Nasional Gunung Leuser punya luas 1.094.692 hektar. Secara administrasi, berada di dua provinsi yakni Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Ada 10 kabupaten dari Aceh dan Sumatera Utara yang mengelilinginya bro.

Mungkin loe belum tahu, ternyata Taman Nasional Gunung Leuser menyandang 2 status yang berskala global yaitu sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1981 dan sebagai World Heritage pada tahun 2004. Di Indonesia baru Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Komodo dan Taman Nasional Lorentz yang berpredikat World Heritage dan Taman Nasional Gunung Leuser menambah daftarnya.



Terdapat 380 spesies burung dan 205 spesies mamalia di sana. Yang masuk dalam status terancam punah adalah orang utan Sumatera (Pongo abelii), harimau Sumatera (Panthera tigris), badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), tapir (Tapirus indicus) dan gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus).

Butuh waktu berbulan-bulan untuk mengeksplore Taman Nasional Gunung Leuser. Nggak perlu kecewa karena ada tepat-tempat wisata yang sudah disiapkan untuk pengunjung seperti Bukit Lawang dan Tangkahan di Sumatera Utara, serta Kedah dan Lawe Gurah di Aceh.

Jadi Leonardo Dicaprio aja udah ke sana nih, loe sendiri kapan? Jangan mau kalah ya.