Liburan ke Jogja, Jangan Lupa Minum Kopi Joss Bos!

LAZONE.ID - Kopi yang dimasukan arang panas dan banyak mengandung khasiat yang baik untuk badan.

Bukan cuma nasi gudeg, masih banyak wisata kuliner di Jogja yang maknyus. Salah satunya adalah kopi joss yang terkenal di Angkringan Lik Man. Lokasinya berada di sebelah utara Stasiun Tugu.

Angkringan ini ternyata udah ada sejak lama, dari tahun 1950-an. Kabarnya, menjadi angkringan legendaris karena dianggap sebagai angkringan pertama di Jogja. Buka dari jam 17.00 sampai tengah malam.

Di Angkringan Lik Man, loe bisa mencicipi berbagai menu seperti sego kucing yakni nasi dengan sambal, ikan, dan tempe, lalu dibungkus daun pisang. Tersaji pula tempe mendoan, tempe bacem dan jadah. Harganya murah-murah, bawa duit Rp 10 ribu juga udah kenyang.
 


Yang paling spesial di Angkringan Lik Man, apalagi kalau bukan kopi joss. Kopi joss dibuat dengan gula, kopi bubuk dan diseduh dengan air mendidih, lalu ditambahkan dengan arang panas. Saat arang panas dicelupkan, maka terdengarlah bunyi josss pada kopi.

Menurut penelitian mahasiswa UGM, kelebihan kopi itu adalah kadar kafeinnya yang rendah karena dinetralisir oleh arang. Selain menghangatkan badan, kopi joss berkhasiat untuk menghilangkan penyakit seperti kembung, mules, dan telah menjadi obat sakit perut. Satu gelas kopi joss, gak lebih dari Rp 10 ribu bro.

Sudah makanannya enak dan kopi jossnya mantap, suasana masyarakat Jogja dan wisatawan yang nongkrong di sana bakal bikin lebih hidup. Benar-benar kayak lirik lagu Yogyakarta dari Kla Project, 'nikmati bersama suasana Jogja....