Loe Tau Nggak Ada Mumi di Papua Nugini

LAZONE.ID - Rupanya mumi nggak cuma ada di Mesir. Papua Nugini negaranya tetangga Indonesia ini punya tradisi mengawetkan mayat juga seperti mumi.

Papua Nugini memiliki kebudayaan atau tradisi leluhur yang kebanyakan orang belum tau bro. Salah satunya ritual mumi asap Suku Angga dimana mereka melakukan proses mumifikasi atau mengawetkan mayat dengan cara yang terbilang sangat menyeramkan. Yaitu bila salah satu anggota masyarakat mereka meninggal mereka tidak akan mengubur ataupun mengkremasinya. 

Melainkan mengasapi mayat tersebut dengan bara api kemudian diletakkan begitu saja diatas tebing batu yang curam, bersama dengan jenazah-jenazah sebelumnya. Kita pasti akan merasa takut saat pertama kali melihat lokasi tempat mumi-mumi asap berkumpul.



Jadi prosesnya nih bro biar loe tau, tubuh jenazah didudukkan di atas asap selama tiga bulan. Asap membantu mengawetkan mayat dalam budaya tropis. Tubuh yang tergantung di atas api, karena menggembung, mayat akan disodok menggunakan tongkat secara lembut guna melebarkan anus. Tujuannya, untuk mengalirkan cairan dan membantu untuk merontokkan organ di dalam tubuh.

Bagian terpenting dari proses ini bertujuan untuk menjaga wajah mayat tersebut tetap utuh. Dalam budaya mereka, satu-satunya cara untuk melestarikan sosok seseorang yang meninggal adalah dengan melihat secara fisik wajah abadinya.