Lompat Batu Nias, Lambang Dewasa & Perkasa Seorang Lelaki

LAZONE.ID - Di zaman dulu hingga kini, lelaki Nias belum jadi lelaki sejati kalau belum berhasil melompati batu setinggi 2 meter ini.

Apa standar menjadi seorang lelaki bagi loe? Mapan, punya kerjaan bagus atau kuat adu jotos. Di Nias, Sumatera Utara sana, lambang lelaki sejati adalah mereka yang sanggup melakukan tradisi lompat batu.

Tradisi lompat batu ini disebut Hombo oleh masyarakat Nias. Loe bisa melihatnya di Desa Bawamataluo, Nias Selatan. Tradisi lompat batu sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam dan masih dipertahankan hingga kini.

Jadi, anak lelaki yang sudah beranjak dewasa secara umur akan berlatih setiap hari demi bisa melakukan lompat batu. Mereka latihannya beragam, dari melompati pagar-pagar kayu, tumpukan kayu-kayu dan lain-lain.
 

 
Begitu sudah siap, tradisi lompat batu akan dimulai. Di depan mereka, ada satu susunan batu besar setinggi 2,10 meter dan satu batu kecil kira-kira setinggi 30 cm. Batu kecil itu yang menjadi pijakan, supaya badan bisa melesat ke udara dan berhasil melewati batu besarnya.

Jika gagal, mereka harus kembali berlatih lagi dan mencobanya. Jika berhasil, satu desa bakal menyambutnya dengan suka cita. Artinya, lelaki yang berhasil itu sudah sah menjadi lelaki dewasa dan perkasa. Sah juga menjadi seroang prajurit perang dan sudah diizinkan untuk menikah.

Nilai luhur yang diambil, adalah jangan pernah berhenti menyerah. Melompati batunya memang bukan barang mudah. Tapi jika terus berusaha dan berlatih, pasti percayalah jangankan batu, tantangan seberat apapun di dalam hidup dapat dilewati.