Lore Lindu Tempat Petualangan Liar di Sulawesi

LAZONE.ID - Loe yang suka adventure, coba bertualang sana ke Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah. Hutan di sini masih liar dan lebat.

Taman Nasional Lore Lindu mendapat dukungan dan bantuan teknis internasional setelah ditetapkan sebagai cagar biosfir atau paru-paru dunia oleh UNESCO tahun 1977. Bagi loe pecinta alam liar, berkunjung ke Taman Nasional Lore Lindu kiranya wajib masuk daftar tujuan petualangan selanjutnya. Berlokasi di dua kabupaten yaitu Donggala dan Poso di Sulawesi Tengah.

Dengan luas sekira 231.000 hektar, di sini berdiam flora dan fauna endemik langka Sulawesi yang tidak bisa ditemui di tempat lain. Kawasannya ini memiliki berbagai tipe ekosistem hutan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah ekosistem hutan pamah tropika dengan curah hujan tinggi, ekosistem hutan pegunungan bawah, ekosistem hutan pegunungan, dan ekosistem dengan komposisi jenis yang berbeda.

Diperkirakan ada 117 jenis mamalia, 88 jenis burung, 29 jenis reptilia, dan 19 jenis amfibia yang hidup di kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Dari jumlah tersebut 50 persen merupakan endemik Sulawesi, seperti kera tonkean, burung alo, babi rusa, tangkasi, kuskus, maleo, katak Sulawesi, musang Sulawesi, tikus Sulawesi, kangkareng Sulawesi, ular emas, dan ikan endemik yang berada di Danau Lindu di dalam taman nasionalnya.

Suasana di Taman Nasional Lore Lindu masih alami banget bro. Jelajahi hutannya, panjat Gunung Nokilalaki dan rilekskan diri di Danau Lindu. Fauna yang tumbuh di kawasan ini juga beragam. Beberapa jenis yang termasuk endemik adalah wanga dan leda. Tanaman leda sering digunakan sebagai bahan kosmetik kecantikan karena mempunyai bau yang harum.

Nggak cuma alam, ternyata taman nasional ini punya 431 situsmegalitik peninggalan peradaban Lembah Besoadi. Loe bisa lihat patung manusia yang tingginya 3 meter lebih dan masih jadi misteri