Mackinac, Pulau Tanpa Kendaraan Bermotor Ala Amerika

LAZONE.ID - Semua penduduk Pulau Mackinac sehari-hari naik sepeda atau nggak jalan kaki. Segar udaranya bro!

Pulau Mackinac berada di Danau Huron, Michigan, Amerika. Loe tahu kan, Gili Trawangan di Lombok punya peraturan dimana kendaraan bermotor dilarang masuk. Sama kayak di Pulau Mackinac, mobil dan motor, stop! Dilarang masuk.

Di tahun 1989, peraturan larangan kendaraan bermotor pertama kali berlaku di Pulau Mackinac. Alasannya, ribuan orang yang tinggal di sana banyak yang memelihara hewan ternak. Dengan adanya kendaraan bermotor, hewan-hewan ternak mereka bisa stres.

Warganya sendiri, ternyata memang suka naik sepeda atau berjalan kaki. Jadilah peraturan tersebut disambut dengan sukacita. Orang-orang bisa naik sepeda dengan aman dan nyaman, tanpa takut kendaraan bermotor atau dengar suara bising knalpot dan klakson.
 


Anak-anak sampai orang tua, semuanya naik sepeda. Jangan kaget, kalau melihat parkiran isinya semuanya sepeda. Jadi istilahnya, Car Free Day nggak bakal ada di sana karena setiap hari bebas kendaraan bermotor.

Meski begitu, kendaraan bermotor tetap ada di pulau ini. Tapi, kendaraan tersebut hanya mobil salju dan mobil-mobil darurat untuk pelayanan rumah sakit.

Pengunjung yang datang ke Pulau Mackinac, akan merasakan suasana yang tenang dan syahdu. Udara di sana segar dan penduduknya juga ramah. Asyik banget bro!