Madakaripura, Sumber Inspirasi Sumpah Palapa?

LAZONE.ID - Ada salah satu pemandangan spektakuler yang tersembunyi di wilayah gunung yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur itu.

Menjelajahi kawasan sekitar Gunung Bromo, loe gak hanya disuguhi pemandangan pegunungan dan budaya masyarakat Tengger yang unik. Ada salah satu pemandangan spektakuler yang tersembunyi di wilayah gunung yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur itu. Yaitu, air terjun Madakaripura, air terjun yang masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

Lokasinya yang gak terlalu jauh dari Gunung Bromo, tersembunyi di ujung lembah yang dalam di kaki bukit Pegunungan Tengger. Untuk sampai ke air terjun ini, loe mesti berjalan sekitar 20 menit menyeberangi sungai dan jalan berbatu.

Tetapi pemandangan indah di sepanjang jalan menjadi hiburan tersendiri yang dapat mengobati rasa lelah. Bahkan setelah sampai ke lokasi, loe akan disambut dengan guyuran air terjun yang membentuk tirai. Air terjun yang tergolong tertinggi di Jawa ini akan memuaskan hasrat loe mandi di bawah guyuran air terjun langsung.

Selain keindahan air terjun, sebuah gua di sekitar air terjun dipercaya sebagai lokasi terakhir Patih Gajah Mada bermeditasi. Kekuatan dari meditasi di tempat ini, dikabarkan mempengaruhi kekuatan Gajah Mada dalam mempersatukan wilayah nusantara dengan Sumpah Palapa.