Magelang Nggak Cuma Borobudur Ada Gunung Andong yang Ciamik

LAZONE.ID - Gunung Andong memiliki ketinggian sekitar 1.463 mdpl. Ini tempat wisata di Magelang yang punya pemandangan cantik bro dan harus didatangi.

Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag dan berketinggian sekitar 1.463 m. Gunung Andong merupakan salah satu dari beberapa gunung yang melingkari Magelang. Berdampingan dengan gunung Telomoyo, gunung ini berada di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang.

Satu tujuan wisata alam di lereng Gunung Andong yang dapat disinggahi adalah Hutan Wisata Mangli. Hutan Mangli secara administrasi pengelolaan hutan berada di bawah tanggung jawab RPH Pager Gunung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Ambarawa yang merupakan salah satu BKPH di wilayah Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara.



Gunung ini terbilang cukup ramah untuk pendaki pemula sebab tingginya yang tak sampai 2.000 m. Walaupun bisa dibilang cukup pendek namun pemandangan yang ditawarkan gunung mungil ini sangat cantik apalagi sunrisenya.

Gunung Andong ini sendiri memiliki empat puncak, yaitu Puncak Makam, dimana terdapat sebuah makam diatasnya, Puncak Jiwa yang merupakan tempat camping ground, Puncak Alap-Alap dan yang terakhir adalah Auncak Andong yang merupakan puncak tertinggi. Gunung ramah pendaki ini memiliki dua jalur pendakian, yaitu via Basecamp Sawit dan Dusun Pendem, dari kedua jalur pendakian tersebut, via Basecamp Sawit merupakan jalur paling populer dikalangan pendaki.