Main ke Bali, Santainya di Gunung Batur

LAZONE.ID - Jangan cuma ke Kuta, Seminyak atau Sanur aja dong pas di Bali. Ayo ke bagian utaranya ada Gunung Batur yang asyik buat refreshing.

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Gunung Batur terdiri dari tiga kerucut gunung api dengan masing-masing kawahnya, Batur I, Batur II dan Batur III.

Kawasan Gunung Batur terkenal sebagai objek wisata andalan Kabupaten Bangli. Konon menurut cerita dalam Lontar Susana Bali, Gunung Batur merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan Batara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh (istana Dewi Danu). Pada waktu tertentu, seluruh umat Hindu dari berbagai daerah di Bali datang ke Batur menghaturkan Suwinih untuk mengusir bencana hama yang menimpa ladang mereka. Dengan menghantarkan suminih ini maka kawasan gunung Batur menjadi daerah yang subur.



Daerah yang dapat ditonjolkan sebagai objek wisata adalah kawah, kaldera dan danau. Terdapat aliran air dalam tanah yang mengalirkan air Danau Batur, yang muncul menjadi mata air di beberapa tempat di Bali dan dianggap sebagai "Tirta Suci".

Untuk mendaki gunung batur bali loe perlu datang ke sebuah desa yang paling dekat dengan gunung batur yakni desa Toya Bungkah. Sesampai di desa ini akan dihampiri oleh seorang pemandu wisata yang akan menawari paket untuk mendaki ke gunung batur. Lo bisa bernegosisasi dengan pemandu tersebut untuk menyepakati harga yang terbaik.