Mampir ke Pintu Neraka

LAZONE.ID - Inilah lubang raksasa yang mengeluarkan api di gurun di Turkmenistan yang dijuluki pintu neraka. Apinya menyala abadi, gila!

Fenomena alam pintu neraka atau door hell ini berbentuk lubang raksasa di Gurun Karakum, Darweze, Turkmenistan. Lubang raksasa itu menyalakan api abadi yang nggak pernah padam dan terus menyala walau siang atau malam. Sudah dari 40 tahun lalu.

Ini adalah kawah yang dibuat oleh ahli geologi Uni Soviet (nama Rusia di waktu lampau). Mereka melakukan pengeboran lokasi pada tahun 1971 hingga dan menemukan sebuah gua penuh dengan gas alam. Tapi tanah di bawah kilang pengeboran runtuh, meninggalkan lubang dengan diameter 70 meter.

Untuk menghindari gas beracun, diputuskan solusi terbaik adalah membakarnya. Dengan harapan, api akan menghabiskan semua bahan bakar dalam hitungan hari, tapi gas masih saja terbakar hingga hari ini. Walau kena hujan sekalipun apinya nggak bakal padam.

Door to Hell alais Pintu Neraka, begitulah julukannya dan berada sekitar 260 km sebelah utara dari Ashgabat, ibukota Turkmenistan. Walau awalnya bencana, kini malah jadi tempat wisata. Kabarnya pemerintah ingin menutup lubangnya tapi masih jadi wacana. Pintu Neraka yang wow tapi juga ngeri bro.