Masjid Terapung Pertama di Indonesia Ada di Makassar

LAZONE.ID - Masjid Amirul Mukminin dibangun di pinggir Pantai Losari, Makassar. Diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia.

Masjid Amirul Mukminin resmi dibuka tahun 2010 silam. Lokasinya di timur laut Pantai Losari dan atas di atas permukaan air, dengan ditopang oleh tiang-tiang tinggi. Masjid ini juga berhadapan dengan rumah jabatan Wali Kota Makassar di Jl Penghibur, Makassar, Sulawesi Selatan.

Masjid Amirul Mukminin diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia. Mampu menampung hingga 500 jamaah, berlantai tiga dengan kubah masjid berwarna biru yang unik. Nggak hanya untuk tempat ibadah umat Muslim, tapi terbuka buat umum dan turis-turis diizinkan masuk. Asal ingat, sandal dilepas ya kalau ke dalam.



Sebab sebelum di pintu masuk, sudah menjadi area steril untuk tidak dimasuki sepatu dan sendal. Pengelola begitu menjaga kebersihan. Begitu juga dengan tempat air wudhu tetap dijaga kebersihannya.

Selain bernama Masjid Amirul Mukminin, ternyata masjid ini juga memiliki nama lain Masjid 99 Al Makazzary. Angka 99 ini melambangkan 99 Asmaul Husna atau 99 nama Allah. Sedangkan nama Al Makazzary, ditujukan untuk salah seorang imam besar Masjidil Haram, Syekh Yusuf.

Masjid yang indah dan tenang. Yang beragama Islam, bisa mencoba merasakan salat di atas laut saat berada di sini. Jangan buru-buru pulang, nikmatilah sunset saat senja di teras masjidnya. Damai banget bro...