Mau Ketemu Orangutan, Datang Ke Sini Nih

LAZONE.ID - Tanjung Puting di Kalimantan Tengah adalah hutan yang merupakan tempat konservasi orangutan. Jumlahnya ada puluhan ribu dan dilindungi karena terancam punah. Bisa liat dari dekat bro!

Diperkirakan jumlah orangutan di Tanjung Puting, Kalimantan Tengah jumlahnya 40 ribu ekor. Tanjung Puting pada awalnya merupakan cagar alam dan suaka margasatwa yang ditetapkan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1937. Selanjutnya berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 687/Kpts-II/1996 tanggal 25 Oktober 1996, Tanjung Puting ditunjuk sebagai Taman Nasional dengan luas seluruhnya 415.040 hektar.

Di Tanjung Puting ini loe dapat melihat habitat alami orangutan secara langsung dan melihat kehidupan mereka di alam liar. Bahkan loe bisa menggendong anak orangutan, memberi makan dan foto-toto. Di sana terdapat bangunan-bangunan kayu sebagai tempat bermain orangutan.
 


Secara administrasi pemerintahan, Tanjung Puting terletak di Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat serta di Kecamatan Hanau, Danau Sembuluh, dan Seruyan Hilir di Kabupaten Seruyan. Bahkan tanjung Puting ddisebut sebagai tempat konservasi orangutan terbesar di dunia. Wow!

Pintu masuk ke sana adalah Pangkalan Bun, ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat. Terus naik mobil ke Pelabuhan Kumai abis itu lanjut naik kapal klotok. Tersedia lebih dari 50 perahu klotok di Pelabuhan Kumai yang dapat disewa dimana harganya bergantung besarnya ukuran kapal dan jumlah penumpang (4-20 orang). Harga sewa perahu klotok ini akan lebih murah apabila kita menginap di klotok lebih dari satu malam dan untuk rata-ratanya adalah Rp 1.500.000, hingga Rp2.000.000.