Mau Tahu Tempat Paling Sunyi di Bumi?

LAZONE.ID - Ruang anechoic juga jadi standar latihan NASA

Tahu nggak bro, di mana tempat paling sunyi di Bumi? Di dalam gua, di dalam hutan, di dalam jurang? Salah, tempat paling sunyi di Bumi ada di ruang laboratorium ini.

Inilah ruang anechoic di Orfield Laboratories yang berada di Kota Minneapolis, AS. Guinness World Records aja sampai menjulukinya 'the quietest place in the world' pada tahun 2004 silam. Ruangan ini mampu menyerap suara hingga 99 %!

Jadi bayangin aja, saking sunyinya, loe nggak bakal dengar apa-apa. Sedikit yang bikin ngeri, di sini loe malah bisa dengerin suara aliran darah sampai detak jantung sendiri. Malah peraturan di sana tertulis, jangan masuk ke ruangannya sendirian. Sebabnya, bisa-bisa orang yang masuk ke sana sendirian akan stress, halusinasi dan paling parah bisa sakit jiwa.
 


Ruang anechoic, dindingnya terbuat dari baja dan beton. Lalu, dinding dan langit-langitnya dilapisi fiberglass acoustic wedges yang befungsi menyerap suara. Dengan menggunakan desibel, satuan untuk mengukur intensitas suara, suara yang terdengar di dalam ruang anechoic yakni mampu mencapai angka -9,4 desibel. Padahal, rata-rata manusia mendengar suara mencapai angka 30 desibel. Bayangin men, jauh amat dari -9,4 sampe 30!

Ruang anechoic ternyata memenuhi standar NASA untuk mengetes para astonot. Ruangan itu bisa menilai kadar stres seorang astronot sebelum dilepas ke stasiun luar angkasa.

Kalau berani, loe bisa masuk ke sini dengan membayar tiket seharga USD 300-400 atau sekitar Rp 4 juta sampai Rp 5,3 juta untuk satu jam. Rekor orang paling kuat di sana, cuma bertahan 45 menit. Kalo loe?