Menaklukan Padang Pasir di Yogyakarta, Seru Abis!

LAZONE.ID - Padang pasir di Yogyakarta? Emangnya ada. Ada beneran bro, namanya Gumuk Pasir Parangkusumo. Kita bisa main sandboarding di sini udah kayak di padang-padang pasir Timur Tengah.

Di selatan Yogyakarta, tepatnya di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, ada yang namanya Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk dalam Bahasa Jawa artinya adalah gundukan. Jadi, Gumuk Pasir Parangkusumo memang memiliki banyak gundukan pasir halus. Tapi karena luas banget, makanya banyak orang yang juga menyebut tempat ini dengan sebutan padang pasir.

Ternyata, Gumuk Pasir Parangkusumo sudah ribuan tahun lalu lho!  Material abu vulkanik dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu terbawa arus air sungai-sungai yang ada di sekitarnya sampai ke Pantai Parangtritis. Terus, abu tersebut tergerus lagi oleh ombak dan terbawa hingga ke pinggir pantai. Saking halusnya, pasir-pasir halus ini jadi mudah terbawa angin, hingga akhirnya terbentuk banyak gundukan di sepanjang tepi pantai.

Jangan cuma foto-foto aja, loe bisa main sandboarding di sana. Sandboarding sama dengan skateboarding dan surfing, tapi bukan di tanah keras ataupun air, melainkan di pasir. Karena kalau jatuh di pasir, resiko cedera nggak besar-besar amat. Tergolong aman dan nyaman, tapi disarankan untuk tetap pakai pelindung helm dan siku demi keamanan maksimal.

Siap-siap bakal ngeluncur dari ketinggian 5-7 meter bro. Tinggal menuju ke arah Pantai Parangtritis. Setelah melewati pintu masuk Pantai Parangtritis, loe cari deh penunjuk ke Gumuk pasir Parangkusumo. Sewa papan sandboarding di sana harganya Rp 200 ribuan. Ayo taklukin padang pasir Yogyakarta!