Mendaki Gunung Kerinci, Atap Pulau Sumatera

LAZONE.ID - Gunung berapi tertinggi di Indonesia dengan panorama alam yang luar biasa indah.

Gunung Kerinci, memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Menjadikannya, gunung berapi tertinggi di Indonesia dan puncak tertinggi di Pulau Sumatera. Gunung yang punya bentangan alam nan indah, sampai kaya dengan flora dan fauna.

Gunung Kerinci dikelilingi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dan juga merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Pendakian ke Gunung Kerinci, memakan waktu 3-4 hari. Jalur pendakiannya dari jalur beraspal, jalur aliran sungai kecil, jalur berbatu cadas, jalur pasir, jalur dengan rumput dan pepohonan tinggi, hingga jalur tanjakan dengan kemiringan 60 derajat.
 


Lanskap alamnya mempesona. Ada padang rumput, Danau Gunung Tujuh, hingga hutan-hutan tropis yang menarik untuk dijelajahi. Di dekat Danau Gunung Tujuh, terdapat akar-akar pohon yang lebat bak seperti sedang berada di setingan film-film fiksi.

Bukan cuma hutan belantara, fauna-fauna di sana akan 'menyapa' para pendaki. Gunung ini memiliki beragam fauna, antara lain tapir, kuskus, gajah, siamang, gibbon, monyet ekor panjang, dan 140 jenis burung. Di ketinggian 1.500 mdpl, kabarnya masih banyak macan Sumatera yang berkeliaran.

Setibanya di puncak Gunung Kerinci ada keindahan yang tak bisa dilukiskan. Terlihatlah kawah Gunung Kerinci, lanskap Kota Jambi, Padang, Bengkulu, Danau Kerinci, dan Danau Gunung Tujuh. Bahkan juga, Samudera Hindia yang membentang indah di kejauhan.

Ayo kita mendaki Kerinci!