Menelusuri Jejak Penghasil Batik di Nusantara

LAZONE.ID - Sepertinya sangat pantas jika Indonesia dijuluki surga batik dunia. Pasalnya, hampir setiap daerah di negeri ini punya batik sendiri dengan desainnya sangat khas dan identik.

Sepertinya sangat pantas jika Indonesia dijuluki surga batik dunia. Pasalnya, hampir setiap daerah di negeri ini punya batik sendiri dengan desainnya sangat khas dan identik. Nggak salah jika kemudian UNESCO menetapkan kebudayaan khas ini sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Mana aja sih kota penghasil batik keren? Berikut adalah daftarnya.

Yogyakarta

Kota ini emang selalu diidentikkan dengan batik. Bahkan beberapa waktu yang lalu, Kota Sri Sultan ini berhasil dianugerahi kota batik dunia. Banyak banget desain yang dihasilkan di tempat ini, salah satunya adalah motif Grompol. Desain batik ini sering digunakan pada acara pernikahan maupun upacara tradisional.

Solo

Solo dikenal sebagai salah satu pasar batik terbaik di Pulau Jawa. Batik di daerah ini kaya dengan warna krem dan coklat, dengan sentuhan kuning keemasan. Gaya khas yang dimiliki adalah Solo Malam, di mana goresan batik berwarna terang, dikombinasikan dengan kain hitam yang gelap. Motif paling umum dimiliki tempat ini adalah aksen bunga-bunga serta burung.

Cirebon

Satu lagi penghasil batik terkenal di Indonesia, yaitu Cirebon yang juga dikenal selalu mengemas baik dengan kain-kain terbaik ini. Motif yang dimiliki pun juga khas, misalnya harimau, naga, gajah, dan singa. Kadang, kamu juga bakal menemukan motif gunung dan awan yang juga menjadi ciri khas batik yang berasal dari tempat ini.

Setelah diakui oleh dunia dan menjadi terkenal, pasti makin bangga nih memakai batik.