Menelusuri 'Sungai di Dalam Laut' di Meksiko

LAZONE.ID - Fenomena alam di Meksiko itu bernama Cenote Angelita. Sebuah pemandangan sungai di dalam laut. Wah keren!

Cenote Angelita, yakni sungai di dalam laut yang terletak di perairan Meksiko. Disebut, bahwa yang menjadi pionir sungai tersebut adalah Jacques-Yves Cousteau, pakar peneliti dunia bawah laut. Informasi ini sayangnya keliru, sebab yang menemukan sungai bawah laut ini seungguhnya adalah Anatoly Beloschin. Ia seorang fotografer professional dari Rusia.

Loe bisa menyelam untuk melihat fenomena itu di kedalaman lebih dari 30-an meter. Tentu harus merupakan seorang penyelam profesional. Lengkap dengan peralatan selam/diving. Barulah terlihat ada seperti aliran air di dalam laut. Sebenarnya ada gua juga yang nyambung ke bawah laut itu sehingga jangan kaget liat banyak batang-batang pohon.



Para penyelam menyebutnya sebagai sungai di dalam laut. Banyak yang terheran-heran tapi itu ada jawabannya. Itu merupakan ilusi singkat yang mengacu pada fenomena yang kita kenal dengan nama Halocline. Fenomena ini sendiri muncul karena adanya perbedaan level slinitas dari lapisan air yang disebabkan oleh tekanan yang bervariasi.

Jadi faktanya, sungai di dalam laut tersebut terjadi karena terdapat perbedaan tekanan lapisan air. Bagi para penyelam datang ke sana bakal memberikan pengalaman tak terlupakan. Mau?