Menengok Pesona Hamparan Pasir Putih di Atas Bukit Lembah Baliem

LAZONE.ID - Pasirnya sama banget kaya pasir pantai

Papua emang punya banyak wisata yang super keren, salah satunya seperti Lembah Baliem yang terletak di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua Barat. Nah, di lembah ini ada hamparan pasir putih, tanpa laut atau air setetes pun.

Kondisi alam di tempat ini penuh bebatuan dan berada di salah satu sisi bukit berumput hijau yang mengelilingi Lembah Baliem. Jadi, pasir putih keliatan mencolok banget bro kalo diliat dari udara. Kumpulan batu karang juga terlihat timbul di atas permukaan pasir yang menjalar hingga ke punggung bukit.

Menengok Pesona Hamparan Pasir Putih di Atas Bukit Lembah Baliem

Tempat ini merupakan keajaiban kecil di Lembah Baliem yang berada 1600 meter di atas permukaan laut. Dan lo harus tau, pasir di Lembah Baliem itu adalah pasir yang sama dengan pasir pantai. Pasir itu lembut dan terasa asin.

Memang, Lembah Baliem merupakan bentukan asli dari alam. Jadi, pada zaman dulu, lembah ini adalah danau yang sangat besar. Terbukti, di Lembah Baliem ada batu karang di seluruh permukaan lembah, pasir putih di beberapa wilayah lembah, dan adanya sisa-sisa rumah kerang yang dapat dengan mudah ditemukan di tanah.

Nah, pada tahun 1813 terjadi gempa dahsyat yang menyebabkan pergeseran lempeng bumi dan perubahan geologi. Setelah berubah, air danau tersebut surut dan terbentuklah sungai yang kini menjadi sungai Baliem. Sejak saat itu, danau Wio pun berubah menjadi Lembah Baliem.

Kalo udah di Lembah Baliem, coba lagi jalan sampai atasnya. Di sana, lo akan dibuat kagum dengan pemandangan yang indah. Hampir seluruh wilayah Lembah Baliem bisa lo liat dengan jelas.